Senin, 07 Februari 2011

CHATTING

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).
Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini sangat banyak pilihan cara dan sarana dalam membangun komunikasi diantara kita. Sesuatu yang dulu dianggap tidak mungkin sekarang menjadi serba mungkin. Jarak, ruang dan waktu sudah tidak menjadi masalah yang besar dalam menjalin komonikasi. Chatting termasuk salah satu diantara sekian banyak pilihan untuk berkomunikasi yang menawarkan kemudahan dan murahnya biaya berkomunikasi jarak jauh.

Chatting menjadi istilah yang sangat familiar di telinga masyarakat khususnya masyarakat yang sudah mengenal dunia internet. Cukup banyak software yang dapat digunakan oleh pengguna internet untuk melakukan komunikasi IRC ( Internet Relay Chat ) ini baik yang berlisensi maupun yang freeware. Memang chatting bisa menjadi sesuatu hal yang menyenangkan / mengasyikkan disamping komunikasi yang bersifat realtime juga karena biaya yang relatif murah karena kita hanya membayar biaya untuk akses internetnya saja. sarana chatting menjadi sangat luas karena disamping sangat banyak perangkat lunak yang mendukung chatting ini misal : mIRC, YM. juga ditambah dengan kehadiran website-website yang menyediakan fasilitas chatting seperti contohnya www.plasa.com, www.liveconnector.com dll.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat chatting adalah :
1.  Hindari menggunakan kata-kata yang kasar dan tidak sopan, upayakan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Apabila hal tersebut dilanggar akan menyebabkan dikeluarkannya kita dari channel oleh operator.
2.  Jangan menggunakan warna font yang mencolok yang akan menimbulkan penafsiran yang berbeda.
3.  Hindari menggunakan huruf besar karena huruf besar dapat diartikan bahwa kita sedang berteriak-teriak.
4.  Tolak dengan sopan apaibila teman chatting mengajak berbicara dengan topik yang tidak kita suka.
5.  Hidari permusuhan dan pertengkaran dengan teman chatting.

APLIKASI CHATTING UNTUK PONSEL
Instant Messaging (IM) alias chatting cukup popular di kalangan pengguna ponsel dan PC. Lyanan pesan teks instant berbasis jaringan internet ini bahkan seringkali jadi tonggak awal bagi penikmat teknologi selular untuk mencicipi dunia maya. Beberapa diantaranya yaitu IRC, Yahoo Messenger (YM) dan MSN Messenger.
Bersosialisasi lewat layanan chatting di ponsel pun bisa menjadi keasyikan tersendiri. Tak sekedar memperoleh banyak teman serta info baru, tapi biaya yang dikeluarkan pun terhitung sangat murah. Jauh berbeda dengan beban tariff yang dikenakan bila memakai layanan sms operator.Wajar saja mengingat tariff chatting hanya berdasarkan kapasitas data yang di upload/download selama koneksi internet. Sebagai gambaran, tariff GPRS operator rata-rata Rp.5/kb. Bahkan ada yang cuma sebesar Rp.1/kb.Banyak aplikasi chatting untuk ponsel ditawarkan pihak pengembang di pasaran. Meskipun mayoritas gratis, tak semuanya pas dengan selera. Pasalnya, ada yang terkesan ‘njlimet’ dalam proses instalasi maupun pemakaiannya.

Dibawah ini ada beberapa aplikasi chatting menarik yang bisa jadi pilihan yang kesemuanya dapat didownload GRATIS.
Pintar-pintarlah memilih, serta sesuaikan dengan selera dan kompatibilitas ponsel anda.
eBuddy
Tampilan aplikasi ini sederhana namun menarik, paduan warna latarnya atraktif, dengan ikon-ikon full warna yang tak kalah apik. eBuddy ini bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display. Gambar foto pun bisa langsung dikirimkan ke teman chat.

Aplikasi ini kompatbiel dengan layanan IM: MSN, Yahoo!, AIM, ICQ, Google Talk and Facebook. Platformnya java (J2ME), yang kompatibel di hampir semua ponsel berteknologi java. Termasuk pula BlackBerry.
Download aplikasi di http://get.ebuddy.com atau http://m.ebuddy.com. atau bisa juga dari wap.getjar.com.

Nimbuzz
Sedikit berbeda dengan eBuddy, Nimbuzz memiliki beberapa fitur yang terbilang lebih canggih. Selain mengakomodasi pemngiriman pesan teks instant, layanan ini bias dipakai melakukan panggilan internasional sesame pengguna. Fasilitas ini optimal untuk ponsel Symbian maupun Windows Mobile.

Untuk chatting, Nimbuzzmenyediakan ‘Buzz’ layaknya di YM messenger PC. Berkirim foto, file, voice pun bisa. Juga dilengkapi kemampuan berbagi lokasi dengan teman chat. Nimbuzz juga menyediakan fitur phonebook untuk membackup daftar kontak.
Download aplikasi di http://www.nimbuzz.com/en/mobile/ atau quickdownload di wap.getjar.com, dengan kode download 26137.

YehBa
Aplikasi chatting ini terbilang baru. Namun kemajuannya terukur pesat, dimana fasilitasnya makin lengkap. YehBa memiliki versi java (J2ME) dan symbian. Untuk versi java bisa didownload di http://m.yehba.com/files/YB_2.0.jar, atau pula di wap.getjar.com, via fasilitas quickdownload dengan kode 6433.

Beberapa fiturnya yakni mendukung mobile blogging, antarmuka intuitif dan user friendly dan minim bandwith. Jadi tak banyak menyedot data. Untuk memulainya, set ‘add IM’ dengan profile yahoo, bila di inginkan memakai yahoo messenger.

Mxit v5.7.2
Aplikasi ini memiliki panduan bahasa Indonesia saat proses download-nya. Jadi memudahkan calon penggunanya. Mxit berinteraksi dengan banyak platform chatting online lain, seperti MSN messenger, ICQ, AOL messenger, dan Jabber. Kelebihan Mxit dibanding dengan aplikasi messenger yang lain yakni lebih sedikit dalam akses transfer filenya. Alhasil biaya lebih murah.
Download aplikasi di www.mxit.com/wap.

shMessenger
Aplikasi ini sementara masih optimal untuk mendukung layanan Yahoo!Messenger. tentu saja selain layanan shMessenger sendiri. Terlihat dari dukungan MSN dan GoogleTalk yang masih bersifat beta. Disitusnya aplikasi ini terdiri dari macam-macam versi, yang cipta sesuai keypad. Ada numeric keypad, full keyboard, Sagem keypad, Motorola OS dan Windows OS.
Fasilitas yang disediakan diantaranya emoticon (smiley), avatar foto untuk display dan lainnya. Download aplikasi di http://www.sshmessenger.ro/wap.

Migg33 v4.0
Aplikasi chatting asal negeri kangguru ini tercatat popular sebagai aplikasi chat mobile. Fasilitas yang disediakannya tak jauh beda dengan aplikasi messenger lain. Selain kemudahan dalam melakukan mobile chat, aplikasi mig33 bisa dipakai berbagai foto kamera (file photo sharing) atau pun Volp dengan teman chat. Termasuk layanan email dan telepon internet.
Layanan IM yang didukungnya yaitu MSN, Yahoo!, GoogleTalk dan AIM. Mig33 dapat di download di alamat web: http://www.mig33.com/download.jsp atau dalam versi mobile: wap.mig33.com, langsung dari ponsel.

Slick
Aplikasi instant messenger kreasi Lonely Cat Games ini mendukung protocol ICQ, Yahoo, AIM, MSN, GoogleTalk, Jabber. Fasilitas yang disediakan yakni teks messaging, emoticon, tanda peringatan (alert: suara, backlight, getar, pop up), grup dan bermacam lainnya. Untuk berkirim-terima file, download file (link) pun bisa. Jadi fungsinya kompleks, tak sekedar untuk ngobrol (chat) teks semata.

Aplikasi ini sementara tersedia untuk ponsel ber-OS Symbian dan Windows Mobile. Download di http://www.lonelycatgames.com.

EQO
Selain menyediakan fasilitas pesan teks instant, aplikasi ini bisa dipakai bertelepon murah via Volp. Aplikasi ini mendukung IM favorit seperti MSN, AIM, Yahoo!, GoogleTalk, ICQ, Jabber, QQ.
Kelebihan lain dari EQO yakni bisa dipakai untuk multiple chat. Juga, mampu memperlihatkan phonebook kontak/teman chat yang online dalam satu hamparan layar. EQO bisa di download di wap.getjar.com >> quickdownload, dengan kode download 32315.

Morange V v5.0


Aplikasi ini merupakan versi ‘lanjutan’ dari Morange v5.0. tampilan antarmukanya ekstra menarik. Selain menyajikan fasilitas teks messaging, Morange V menyuguhkan pula fitur social networking, mobile photo sharing, mobile sayings,dan prakiraan cuaca (global weather). Jadi akun facebook bisa pula di sinkronkan dengan aplikasi ini. Termasuk pula fitur push email dan web surfing. Aplikasi java (J2ME) ini dapat di download langsung dari ponsel di alamat wap.getjar.com >>quickdownload, dengan kode download 30
Chatting atau ngobrol via internet merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak disukai oleh para kawula muda untuk berbicara dengan siapa saja di seluruh dunia yang terkoneksi ke internet. Dengan chatting, kita bisa bicara dengan teman, pacar atau siapa saja yang berada jauh dari kita. Kita bebas menggunakan bahasa apa saja yang kita kuasai, bisa bahasa inggris, jerman, perancis atau bahasa planet lain bila ada alies yang menghubungi anda.


Etiket Dalam Chatting
1. Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun, seperti nomor telepon, alamat rumah dan lain-lain kepada orang yang belum anda kenal.
2.  Jangan pernah menggunakan nama asli sebagai nickname anda.
3.  Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda, kalau anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut.
4. Jangan pernah mengetik percakapan menggunakan HURUF BESAR, karena anda dianggap sebagai teriakan.
5.  Jangan pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak bermakna, seperti menekan enter berulang kali.
6.  Jangan pernah menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan ditendang oleh operator channel tersebut, sehingga anda tidak bergabung lagi.
7.  Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata kasar atai tidak sopan.



Daftar Singkatan dan Simbol Emosi yang sering digunakan
Singkatan dan simbol emosi sangat sering digunakan dalam Chatting, biasanya berupa bahasa prokem, tapi kita juga hati-hati dalam menggunakannya, apalagi simbol emosi, kalau salah simbol, artinya bisa berbeda 180 derajat dengan dimaksud, hati-hati Ok!
Singkatan
Arti
a/s/l
Age = Usia, Sex = Jenis Kelamin
Location = Lokasi anda
pls
Please = silahkan
u, u1
You = kamu, u1 = kamu duluan
np, nop
No problem = nggak masalah
btw
By the way = ngomong-ngomong nih, lalu
gtg
Got to go = aku mo pergi nih
lol
Loughing of loud = Tertawa terbahak-bahak
b4
Before = sebelumnya
dc
Disconnected = proses chatting terputus
wok or wek
Cowok atau cewek
kul or ker
Kuliah atau kerja
pdg
Padang
brb
Be right back = segera lembali
re
Hi again = halo lagi
hi 2
Hi too = halo juga
thx
Thank you = terima kasih
Simbol
Arti

Simbol
Arti
%-(
Bingung

(:-&
Marah
%-)
Bego

:*
Cium dong
%-6
Mati kutu

:|
Bosan dan sedih
%-}
Jenaka atau ironis

:( )
Mulut lebar, berteriak
>>:-<<
Marah besar

:@
Apa
>-
Cewek

:-
Cowok
>-<
Naik darah

:,(
Menangis
>-)
Kedipan setan

:)
Senang, tersenyum
()
Peluk

:(
Sedih
:-)
Tersenyum

:-(
Sedih
:~~p
ngiler

;-)
Mengedipkan mata
(-:
Orang kidal tersenyum

J
Tersenyum

Masih banyak lagi singkatan dan simbol emosi yang digunakan dalam chatting, setiap negara mempunyai ciri khas tertentu. Jika anda menerima suatu singkatan atau simbol dan tidak tahu artinya, maka bertanya kepada orang tersebut dengan cara memberi tanda tanya diakhir singkatan atau simbol tersebut. Misal anda menerima simbol singkatan seperti ‘:V:-|’ dan anda tidak tahu maksudnya, maka balaslah dengan ‘:V:-| ?’, maka orang tersebut akan memberitahu anda maksudnya. Semakin sering anda chatting, semakin banyak kosa kata anda dalam berchating.

1 komentar:

Kasih Makan Ikan